Awas, Main HP Sebelum Tidur Bisa Bikin Gemuk Lho



Setiap orang saat ini pasti memiliki yang namanya HP atau Smartphone,bukan orang dewasa saja tetapi juga anak-anak sudah mulai menggunakan HP

Jujurlah saja, mayoritas dari kamu pasti gemar sekali membawa HP hingga saat tertidur. Ketika lampu kamar sudah dinyalakan, kamu masuk ke dalam selimut, kamu akan memiringkan tubuhmu dan mengambil HP di samping bantal. Nah kalau kamu termasuk yang suka melakukan kebiasaan ini, maka tampaknya sekarang harus mulai diubah.

Tak bisa dipungkiri jika HP dan gadget modern lain seperti tablet atau laptop adalah bagian dari kehidupan modern masa kini. Ketika tubuh sudah berbaring di ranjang, kamu pasti masih asyik dengan HP entah sekedar membuka notifikasi di Facebook, Instagram, Path atau mungkin membaca-baca berita online .

Namun sebuah video dari Business Insider menampilkan penjelasan dokter Daniel Siegel mengenai dampak buruk bermain HP saat hendak tidur alias di kasur. "Mereka yang tetap fokus melihat ke layar HP saat sudah di kasur dan memasuki jam tidur, tanpa sadar memerintahkan otak untuk 'tetap terjaga'. Sinar yang dipancarkan oleh layar gadget entah HP/tablet/laptop akan mengirim pesan langsung ke otak kita," seperti dilansir Mirror.

Dokter Siegel melanjutkan jika pesan untuk tetap terjaga itu membuat otak mengartikan perintah untuk tidak memproduksi melatonin. Apa itu melatonin? Melatonin adalah hormon yang dibuat oleh kelenjar Pineal, sebuah kelenjar kecil di otak yang membantu mengendalikan jadwal tidur dan bangunmu. Jadi semakin lama kamu tenggelam stalking mantan di socmed, maka akan membuatmu kurang tidur di malam hari.

Dan jika begitu, maka berarti sel glia yang merupakan sel non-saraf dan berfungsi menyediakan dukungan serta nutrisi yang bertugas mengirimkan sinyal di dalam sistem saraf tak bisa bekerja maksimal. Sekedar informasi, sel glia butuh minimal tujuh jam untuk membersihkan racun-racun di sistem saraf dalam tubuh manusia. Meskipun memang kurang dari 5% orang yang terpengaruh racun ini, kurang tidur juga akan berdampak buruk pada produksi insulin.

Padahal, insulin bergungsi untuk mengatur metabolisme dan jika kamu kurang tidur, maka makanan yang masuk ke tubuhmu hanya akan berubah jadi lemak lantaran tubuh aktif lebih lama. Tak heran kalau dokter Siegel menyarankan kamu untuk mematikan semua gadget minimal satu jam sebelum kamu terlelap. Jadi gimana, masih ngotot main HP sebelum tidur?

Sumber : http://www.beritaterkini99.com/2016/09/awas-main-hp-sebelum-tidur-bisa-bikin.html
close