Inilah Janji Allah Buat Orang Tua Yang Bersabar...Ketika Buah Hatinya Berpulang ke Rahmatullah sebelum Usia Baligh

Inilah Janji Allah Buat Orang Tua Yang Bersabar Ketika Buah Hatinya Berpulang ke Rahmatullah sebelum Usia Baligh

Sesungguhnya setiap yang bernyawa pasti akan mati. Kematian adalah bagian dari perjalanan hidup manusia. Tak ada seorang pun yang bisa mengetahui kapan kematian itu akan datang, ia bisa saja datang sebentar lagi, besok ataupun lusa. Kematian tak mengenal usia, tua dan muda sekalipun kalau sudah waktunya pasti akan mati.

Sebagai orang tua yang mengharapkan kelahiran buah hati, tentu akan merasa terpukul ketika anak yang masih disayangi pergi menghadap Allah. Tentu, siapa pun akan sedih ketika mengalami peristiwa seperti ini.

Namun perlu kita ingat, bahwa qodrat kita sebagai makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Kita semua pasti akan kembali kepada sang Pencipta.

Bersabarlah, karena Allah telah berjanji akan memberikan kabar gembira bagi orang tua yang sedang ditinggalkan anaknya yang belum berusia baligh.

عن أبي موسى الأشعريِّ رضيَ اللهُ عنه أنَّ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلم قال : (إِذَا ماتَ ولدُ العَبْدِ ، قالَ اللهُ لمَلَائِكَتِهِ : قَبَضْتُمْ وَلَدَ عَبْدِي ؟ فَيَقُولُونَ : نَعَمْ . فَيَقُولُ: قَبَضْتُم ثَمَرَةَ فُؤَادِهِ ؟ فَيَقُولُونَ : نَعَمْ . فَيَقُولُ : مَاْذَا قالَ عَبْدِيْ ؟ فَيَقُولُونَ : حَمِدَكَ وَاسْتَرْجَعَ . فَيَقُولُ اللّهُ : ابْنُوا لِعَبْدِيْ بَيْتًا فِيْ الجَنَّةِ وَسَمُّوهُ بيتَ الحَمْدِ) رواه الترمذي
Dari Abu Musa al-Asy’ari, Nabi SAW bersabda, “Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, maka Allah bertanya kepada malaikat, ‘Apakah kalian mencabut nyawa anak hamba-Ku?‘ Mereka menjawab, ‘Ya’. Allah bertanya lagi, ‘Apakah kalian mencabut nyawa buah hati nya?’ Mereka menjawab, ‘Ya’. Allah bertanya lagi, ‘Apa yang diucapkan hamba-Ku?‘ Malaikat menjawab, ‘Dia memuji-Mu dan mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raajiun‘. Kemudian Allah berfirman, ‘Bangunkan untuk hamba-Ku satu rumah di surga. Beri nama rumah itu dengan Baitul Hamdi (rumah pujian),” (HR. Tirmidzi dan dihasankan Al-Albani).
Subhanallah, itulah balasan yang akan diterima ketika kita sabar dalam menghadapi ujian seperti ini. Allah akan memberikan tempat terindah bagi orang tua yang bersabar ketika ditinggal pergi buah hatinya.

Dari Anas bin Malik RA Nabi SAW bersabda,
مَا مِنَ النَّاسِ مِنْ مُسْلِمٍ يُتَوَفَّى لَهُ ثَلاَثٌ لَمْ يَبْلُغُوا الْحِنْثَ ، إِلاَّ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ بِفَضْلِ رَحْمَتِهِ إِيَّاهُمْ
“Tidaklah seorang muslim yang ditinggal mati oleh tiga anaknya, yang belum baligh, kecuali Allah akan memasukkannya ke dalam surga dengan rahmat yang Allah berikan kepadanya,” (HR. Bukhari).
Masihkan Anda bersedih karena ditinggal oleh sang buah hati yang sangat Anda idamkan kehadirannya? Segera hapus air mata ketidak terimaan Anda karena ditinggal olehnya. Gantilah air mata itu dengan air mata bahagia, karena mengetahui bahwa anak Anda itu, insya Allah akan ditempatkan di tempat yang paling baik dari sisi-Nya. Bahkan, Anda pun akan mendapatkan tempat yang indah, ketika Anda menerima dan berprasangka baik terhadap ketentuan yang telah Allah berikan bagi Anda.

close