Manusia "Pemakan Bangkai" Kadang Ada di Sekitar Kita! Berhati - Hatilah....

Image result for Manusia "Pemakan Bangkai" Kadang Ada di Sekitar Kita!
Bila kita telah mengetahui bahwa yg senang memakan bangkai manusia adalah burung pemakan bangkai, atau ada juga kura-kura di India yang senang memakan bangkai insan di dekat sungai gangga, disini akan diutarakan tentang Manusia Pemakan Bangkai. Berdasarkan dari kandungan ayat QS. Al-Hujurot ayat 12, yang artinya,
"Wahai orang-orang yang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa, dan janganlah  kalian mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah saling menggunjing satu sama lain, sukakah diantara kalian jika memakan bangkai saudaranya yang sudah mati ? tentu, kalian merasa jijik. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”.
Dalam QS.Al-Hujurot  ayat 12 tersebut Allah memerintahkan kepada kita sebagai orang-orang yang beriman untuk tidak berprasangka, mencari-cari kesalahan orang lain dan menggunjing atau membicarakan kejelekan orang lain. Yang melakukan itu semua Allah umpamakan sebagai orang yang suka memakan bangkai saudaranya sendiri. Lebih rinci saya akan ulas kategori pemakan bangkai saudaranya sendiri :
Yang  Suka  Berprasangka Jelek (Syuu Dzhon)
Ada 2 jenis prasangka, yaitu prasangka baik (Husnu dzhon) dan prasangka buruk (Syuu dzhon). Yang dibolehkan agama adalah berprasangka baik, selalu positif thinking terhadap orang lain. Sedangkan berprasangka buruk dilarang dan termasuk kategori yang diumpamakan Allah sebagai orang yang suka memakan bangkai saudaranya sendiri.
Yang Suka Mencari-cari Kesalahan Orang lain
Mencari-cari kesalahan orang lain dalam rangka menjelekkan, merendahkan dan menjatuhkan martabat atau kedudukan orang lain dilarang dalam agama. Dalam berinteraksi dengan orang lain sepatutnya kita saling menjaga, menghargai dan saling menutupi aib dan kesalahan orang lain. Tetapi, ada pula yang dibolehkan dalam agama diantaranya dalam rangka mengungkapkejahatan, yang dilakukan oleh pihak yang berwenang untuk menegakkan kebaikan dan menghilangkan kemungkaran.
Yang Berghibah (Suka membicarakan Kejelekan / aib orang lain)
Yang termasuk kategori yang diumpamakan Allah dalam Al-Quran seperti memakan bangkai saudaranya sendiri selanjutnya adalah yang suka berghibah atau membicarakan kejelekan orang lain.
Marak sekali sekarang orang-orang yang suka berkomentar di media sosial dengan kalimat atau kata-kata yang menjelekan atau menyudutkan orang lain. Hampir seperti makanan, yang sudah biasa disantap, tanpa disadari hal itu termasuk kedalam kategori menggunjing atau ghibah yang dalam agama jelas dilarang.
Orang yang senang mengghibah atau menggunjing kejelekan orang lain, pada hari kiamat akan disuguhkan atau diberikan bangkai untuk dimakannya. Naudzubillah…
Semoga kita selalu diberi keistiqomahan, taufik dan hidayah-Nya agar senantiasa berjalan lurus menjalankan segala yang di perintahkan dan dapat menjauhi segala yang dilarang-Nya. Aamiin.
Demikian ulasan singkat tentang Manusia Pemakan Bangkai, semoga bermanfaat dan dapat kita aplikasikan untuk dihindari dalam kehidupan kita sehari-hari. 
close