Ternyata Buah Duwet ini banyak Khasiatnya Lhoo,,di Daerahmu Apa Namanya??



Image result for apa nama buah ini di daerahmu? Ternyata Ini lho manfaatnya

Ada aneka macam jenis buah di dunia dan  masing-masing tentu mempunyai manfaat serta kegunaaan sendiri-sendiri, buah Jamblang atau duwet ialah salah satunya. Di Indonesia ini, buah menggunakan nama ilmiah Syzygium Cumini ini awam disebut menggunakan nama Jamblang ataupun Duwet. buah ini adalah buah endemik dari Asia sebab hanya mampu ditemukan di beberapa Negara Asia.
Buah Jamblang adalah jenis pohon asal famili jambu (Myrtaceae). Buah Jamblang memiliki kandungan diantaranya, alkaloid (jambosine), minyak atsiri, asam organic, fenol (methylxanthoxylin), triterpenoid, resin merah yang mempunyai kandungan tanin dan  asam elagat.
Biji Jamblang juga memiliki kandungan fatty oil pada kisaran (3-5%) yang terdiri dari sterculiac acid, olei acid, palmitic acid, myristis acid, malvalic acid (cyclopropylidenis acids), linoleic acid, dan vernolic acid. Dalam buah Jamblang juga terkandung zat tannin.
Mungkin buah yang satu ini memang tidak setenar buah-buah lain seperti stroberi, anggur, dan sebagainya. Namun, walaupun tidak begitu terkenal. Buah Jamblang memiliki khasiat yang cukup mengejutkan.

Di bawah ini merupakan khasiat buah Jamblang yang mungkin belum banyak diketahui :

  1. Mencegah penyakit jantung
 Nutrisi yang dikandung buah Jamblang cukup banyak, diantaranya ellagitanis/asam ellagic, anthocyanidins, dan anthocyanin yang mempunyai sifat inflamasi. Selain itu, Jamblang mempunyai kandungan antioksidan yang besar dimana zat ini dapat dimanfaatkan untuk menangkal radikal bebas dan menekan kolesterol.
Dengan demikian buah Jamblang dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung ataupun serangan jantung.
  1. Menguatkan imun dan menguatkan tulang
Dalam buah Jamblang terdapat kandungan macam-macam zat yang dapat menyokong kesehatan dan juga pertumbuhan. Kandungan tersebut antara lain zat besi, kalsium, vitamin C, dan juga kalium yang berguna untuk menguatkan tulang, meningkatkan berat tulang serta menjaga kekebalan badan.
  1. Obat untuk anemia
Bagi penderita darah rendah ataupun anemia, sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah Jamblang. Hal ini bukannya tanpa alasan. Buah Jamblang memiliki banyak sekali kandungan zat-zat berguna seperti zat besi serta vitamin C. Dimana dua zat ini memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah.
  1. Anti diabetes
Diabet, kata yang sudah sangat akrab di telinga masyarakat luas. Bahkan penyakit ini seakan sudah membudaya. Oleh karena itu, kehadiran Jamblang cukup bisa membantu menangani masalah yang cukup pelik ini. Zat yang dimiliki Jamblang mempunyai manfaat untuk menurunkan resiko terkena serangan penyakit diabetes karena terbukti menurunkan kadar gula dalam tubuh.
  1. Sebagai pencegah penyakit kanker
Beberapa penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa buah Jamblang dapat mencegah penyakit kanker. Dimana sifat radioprotective dan chemoprotective yang dibawa oleh buah Jamblang berguna sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus penangkal radikal bebas.
  1. Obat infeksi
Tidak hanya buah, bagian lain dari tanaman ini juga dapat dimanfaatkan diantaranya kulit, daun, biji dan batang. Mereka umumnya digunakan secara tradisional sebagai obat infeksi akibat bakteri. Senyawa yang tersimpan di dalam tanaman Jamblang antara lain asam galat, asam malat, asam oksalat, dan tanin.
Kandungan senyawa diatas tersebut memiliki fungsi yakni sebagai antibakteri, antimalaria, maupun gastroprotektif.
  1. Melancarkan pencernaan serta kesehatan mulut
Dalam dunia pengobatan, daun tanaman Jamblang secara tradisional sudah digunakan sebagai obat anti diare ataupun maag. Daun Jamblang mempunyai sifat antibakteri yang berguna untuk obat pada gangguan mulut.
  1. Meningkatkan nafsu makan
Nafsu makan merupakan permasalahan klasik yang sudah turun menurun. Terutama dikalangan anak-anak. Penyebabnya juga beragam, seperti masalah pencernaan, sembelit, sakit perut, dan penyakit-penyakit  lain. Namun hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah Jamblang yang masih fresh.
Karena menurut fakta buah Jamblang sangat baik bagi perbaikan sistem pencernaan, yang berdampak pada meningkatnya nafsu makan.
  1. Mengatasi sakit pada lambung
Permasalahan lambung seperti maag memang cukup mengganggu. Perut akan terasa tidak nyaman dan perih jika berisi makanan. Di India dulu, penyakit lambung biasa diatasi dengan meminum jus Jamblang yang sudah di pisahkan dengan kulit dan bijinya dan diinapkan selama 5 hari.
Ragam senyawa yang berguna memperbaiki keadaan lambung akan semakin bertambah seiring lamanya masa penyimpanan.
Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kita sudah semakin mengerti akan khasiat tersembunyi dari buah Jamblang bagi kesehatan. Anda pun juga bisa mulai memanfaatkan buah ini.  Apalagi buah ini mudah ditemui karena dapat tumbuh di hampir seluruh wilayah Indonesia.
Demikian manfaat yang terkandung dalam buah Jamblang, semoga berguna dan bermanfaat.
close