Inilah 5 Cara Mudah Meningkatkan Rasa Bersyukur

Related image
Ketika kita tidak paham makna dari kata syukur yang sebenarnya, maka bersyukur akan menjadi sangat susah buat dilakukan. Padahal, kesuksesan akan jauh lebih gampang diraih bila kita paham betul makna dari istilah bersyukur.
Bahkan banyak orang yang bahkan musnah ketika didapati dirinya tidak mempunyai rasa syukur. Seperti ketika mendapatkan harta, dia lupa akan hak mereka yang membutuhkan. Hal ini lah yg justru akan membentuk seorang akan merasa kurang dengan apa yang dimilikinya. Pepatah pernah berkata, ‘Bersyukurlah, maka kebahagiaan akan bertambah’.
Beberapa tips dibawah akan membuat Anda memiliki rasa syukur yang lebih. Di antara:
  1. Pikirkan yang kita miliki bukan yang kita inginkan.
  2. Fokuskan pikiran kita pada kelebihan, bukan pada kekurangan kita.
  3. Ketika mendapat rahmat atau anugerah berkata dalam hati, "Kenapa saya ya yang dapat nikmat ini?".
  4. Ketika mendapat musibah, berkata dalam hati, "Hikmah apa yang ada dibalik semua ini?'.
  5. Melihat semua yang kita miliki adalah titipan Allah SWT yang setiap saat dapat diambil kembali,jadi bukan milik kita sepenuhnya.
Jika kelima hal di atas dapat Anda terapkan dalam kehidupan Anda, rasa syukur akan mengalir dengan sendirinya. Dengan begitu, tidak akan pernah ada perselisihan atau pun rasa iri yang kapan saja dapat menyerang hati manusia.
Allah SWT berfirman:
“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS. 2: 152).
Di dalam ayat lain, Allah SWT juga berfirman:
“Sesungguhnya bagi kaum Saba’ ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): Makanlah olehmu dari rezki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun." (QS. 34:15).
close