Amalan Penerang Kubur dan Penyelamat Dari Siksa Kubur

Related image
Semua yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Setelah meninggal, persinggahan pertama manusia adalah alam kubur, sebelum memasuki alam akhirat. Di dalamnya ada yang bersuka cita, ada pula yang berduka. Semua karena amal perbuatannya di dunia. Bagi yang tidak bisa menjawab pertanyaan malaikat tentang tuhannya, nabinya, atau kitabnya, dan perbuatan maksiat, akan menerima siksa kubur.
Nabi Muhammad SAW menyampaikan ada satu amalan yang bisa dilakukan untuk jadi penerang di alam kubur. Yaitu membaca surat Al Mulk. Apa saja keistimewaan surat Al Mulk? Surat ke 67 dalam Alquran, surat Makiyah yang terdiri dari 30 ayat.
Kata Al Mulk yang terdapat dalam ayat pertama dalam surat tersebut berarti kerajaan. Surat ini juga disebut sebagai surat At Tabarak yang berarti Maha Suci. Isi dari surat Al Mulk banyak mengisahkan kekuasaan Allah SWT pada makhluknya.
Dilansir Berita Islam Masa Kini, Trans TV, dalam awal surat dikisahkan kesempurnaan alam ciptaanNya.
Dalam banyak hadist, surat Al Mulk memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya, antara lain:
1. Akan diampuni dosanya
Abu Dawud (1400) dan Tirmidzi (2891) meriwayatkan dari Abu Hurairah –radhiyallahu ‘anhu- dari Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:
( إِنَّ سُورَةً مِنْ الْقُرْآنِ ثَلَاثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِيَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ ) وحسنه الألباني في صحيح الترمذي .
“Ada surat dalam al Qur’an yang terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat memberi syafa’at bagi 'temannya', yakni orang yang banyak membacanya,
sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu surat : Tabarokalladi bi yadiihil mulk", (HR Abu Dawud).
2. Dihindarikan dari siksa kubur dan siksa neraka
Adapun yang diriwayatkan oleh an Nasa’i dalam “Sunan Kubra” 10547, dan dalam “Amanl Yaum wal Lailah” 711, dan Abu Thahir al Mukhlis dalam “Al Mukhlashiyat” 228,
dari jalur ‘Irfijah bin Abdul Wahid, dari ‘Ashim bin Abi Nujud, dari Zirr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud berkata:
من قَرَأَ ( تبَارك الَّذِي بِيَدِهِ الْملك ) كل لَيْلَة مَنعه الله بهَا من عَذَاب الْقَبْر ، وَكُنَّا فِي عهد رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم نسميها الْمَانِعَة ، وَإِنَّهَا فِي كتاب الله سُورَة من قَرَأَ بهَا فِي كل لَيْلَة فقد أَكثر وأطاب ) .
“Barang siapa yang membaca surat Tabarak setiap malam, Allah akan melindunginya dari siksa kubur, dan kami pada masa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam-
menamakannya “Surat Pelindung/Penghalang”. Dan ia adalah termasuk surat dalam al Qur’an yang bagi siapa saja yang membacanya setiap malam, maka ia melakukan amalan baik dan banyak”.
3. Menjauhkan diri dari maksiat
Allah SWT berfirman,
إِنَّ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَيْبِ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ (12) وَأَسِرُّوا قَوْلَكُمْ أَوِ اجْهَرُوا بِهِ إِنَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ (13) أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ (14) هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ وَإِلَيْهِ النُّشُورُ (15)
“Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya di saat mereka tidak tampak di hadapan yang lainnya, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar. Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah;
sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati. Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?
Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. Al Mulk: 12-15)
4. Menjadikan sebagai orang tawakal
هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ وَإِلَيْهِ النُّشُورُ
"Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. Al Mulk:15)
close