Bagaimanakah Ketika Rasulullah Bertemu Setan Kurus??

Ya Allah, lindungilah kami dari jahatnya bisikan dan godaan setan; baik yang berbentuk jin maupun manusia.
Suatu ketika Rasulullah SAW melewati sebuah jalan. Lalu tiba-tiba Beliau melihat setan yang bergitu kurus dan lemah. Lantas, Rasul bertanya pada setan tersebut. " Mengapa engkau begitu kurus?" tanya Rasul.

" Apa yang telah dilakukan umatku terhadapmu sehingga engkau menderita?" lanjut Rasul menanyakan kembali.

Lalu setan menjawab, " Karena mereka memiliki enam sifat di mana aku tak tahan menyaksikan enam sifat itu ada pada diri mereka" .

Pertama, mereka saling mengucap salam manakala bertemu di mana pun. Kedua, mereka bersalaman dan berjabat tangan dengan erat.

Ketiga, untuk setiap pekerjaan yang akan dilakukan, mereka mengatakan Insya Allah. Keempat, mereka memohon ampunan dengan mengucapkan istighfar, maka upayaku menjadi sia-sia.

Kelima, setiap kali mendengar namamu disebut, mereka bershalawat kepadamu.
Keenam, sebelum memulai suatu tindakan, mereka selalu mengucapkan ‘Bismillahirrahmanirrahim.’ 
Rupanya, dari riwayat ini, yang menjadikan setan kurus, adalah kelakuan kita-selaku manusia. Sebab memang, dalam dua puluh empat jam, setan senantiasa membersamai untuk menggoda.
Karenanya, mari senantiasa meminta perlindungan kepada Allah Ta’ala dari jahatnya godaan setan dan bala tentaranya. Sebab hanya Dialah yang mampu melindungi manusia dari godaan setan. Allahlah sebaik-baiknya Pelindung dan Pembela.
close