Jangan Keburu Dibuang, Benang Putih Pada Pisang Juga Ada Manfaatnya Loh!



Ada satu hal yang selalu kita temukan di kebiasaan banyak orang saat memakan buah pisang. Setiap kali sehabis mengupas kulit pisang, beberapa orang tak langsung memakan si buah, melainkan melepaskan semacam serat atau benang yang ada pada buah pisang kan? Mungkin ini karena menurut mereka benang-benang pada buah pisang ini terasa mengganggu. 

Berbeda dari anggapan banyak orang bahwa itu hanyalah serat kulit pisang, ternyata bagian serupa benang itu bernama floem. Untuk manusia bisa saja benang putih itu mengganggu saat hendak menyantap buah pisang. Namun bagi buah itu sendiri, floem sangat penting fungsinya.



Tapi taukah sebenarnya apa sih "benang" pada daging pisang ini? 

Jumlahnya nggak banyak sih tapi sebagian orang ngerasa terganggu dan sering ngebuang bagian itu. Tahu nggak sih, ternyata benang itu punya nama loh gaes. Namanya adalah "phloem bundles". Widih, keren yah? Selain punya nama, benang ini juga jadi bagian penting dari pisang. Tugasnya adalah menyalurkan makanan dan air ke bagian pisang. Tanpa benang ini, lo pasti nggak bisa nikmatin pisang yang rasanya enak dan lembut.

Floem bukan bagian dari daging buah, dan bukan juga bukan bagian dari kulitnya. Melansir laman Huffington Post, floem terdiri dari kumpulan jaringan floem yang dalam pelajaran IPA berfungsi untuk memberikan nutrisi serta makanan bagi buah.

Jadi mirip seperti pembuluh darah bagi manusia, floem adalah pengantar nutrisi bagi pisang sehingga bisa bertumbuh dan besar hingga siap dipanen. Tak hanya ada di bagian buah, floem juga ada di seluruh bagian tanaman pisang. Ia mengalirkan nutrisi sejak dari akar hingga buah.

Benang putih floem ini bisa dikonsumsi, jika Anda enggan membuangnya saat sedang mengupas buah pisang. Tidak berbahaya, dan dapat juga memberi tambahan manfaat untuk tubuh karena seratnya yang lebih padat dari daging buah pisang.

Sudah tahu kan sekarang manfaat benang-benang pada pisang? Mulai sekarang jangan langsung buang gitu aja. Mendingan kulitnya aja yang dibuang. Bagian benang dan dagingnya dimakan semua aja. Nggak akan bahaya kok, justru sebaliknya. Lo dapat bonus nutrisi tuh.

Sumber
close