Tahukah Kamu, Ternyata Selama Ini Kita Naik Eskalator dengan Cara yang Salah

Related image
Yup, sebagian besar dari kita pasti pernah naik eskalator. Mungkin karena keseringan menggunakan fasilitas itu, kita cenderung mengabaikan peraturan keselamatan yang semestinya dijalani dan dipatuhi. Nah, mulai sekarang sudah saatnya kamu merubah kebiasaan buruk, dengan mencoba menerapkan peraturan yang tepat dan benar saat naik eskalator, biar selamat dong tentunya!

Sebuah penelitian membuktikannya.
Pernah kah kamu lagi menaiki sebuah eskalator, trus orang di belakang dengan nggak sabar menyuruh kamu untuk jalan di eskalator tersebut? Atau ada yang bilang, "Misi, misi", trus bikin kamu harus geser biar si orang tersebut bisa jalan duluan? Apalagi kalo naik eskalator di tempat dan jam yang padat. Kayak di stasiun, di mall, dll.
Selama ini banyak persepsi dan peraturan tak tertulis, kalo kamu mau diem di eskalator, berdirilah di sebelah kiri. Sementara di sebelah kanan buat orang-orang yang pengen cepet dan jalan di eskalator. Kalo kamu mengira dengan cuma diem di eskalator itu hal yang salah, ternyata nggak guys, kamu nggak salah.
Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh The Guardian, selama ini banyak yang naik eskalator dengan cara yang salah. Peraturan tak tertulis untuk "sisi kiri buat diem dan sisi kanan buat jalan cepet" di eskalator justru menyebabkan antrian naik eskalator jadi makin parah. Tapi ketika sisi kanan dan kiri eskalator digunain buat naik trus diem, malah bisa mereduksi antrian untuk orang selanjutnya.
Kalkulasi spesifik dilakukan penelitian ini di sebuah eskalator di stasiun Holborn, London, di mana lebih dari 56 juta penumpang menggunakannya setiap tahun. Dan ternyata ketika dicoba cara naik eskalator lalu diam dan menunggu si eskalator dengan otomatis membawa kita naik/turun tanpa berjalan cepat di atasnya, bisa meningkatkan kecepatan orang selanjutnya buat naik ke eskalator tersebut, yaitu 31 orang atau meningkat 28% per menit.
Penelitian tersebut dicoba diaplikasiin di stasiun Holborn di jam sibuk, yaitu 8.30 - 9.30 pagi. Walaupun terbukti berhasil mereduksi antrian, ternyata malah nimbulin keluhan dari para penumpang nih. Mereka super nggak sabar pas disuruh cuma diem di eskalator dan menunggu eskalator membawa naik/turun secara otomatis. Udah kebiasa buat cepet-cepet jalan kali yaaa!
close